Berisi informasi tentang museum-museum di Jakarta, Kawasan Kotatua, dan Jakarta Tempo Doeloe

Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 25 Februari 2010

Museum Sejarah Jakarta


Sejarah Museum


Bangunan Museum Sejarah Jakarta sudah cukup tua. Pada waktu penyerbuan pasukan Sultan Agung dari Mataram atas Benteng VOC di Batavia pada 1628, gedung ini terbakar.

Menurut prasasti yang terdapat di sana, gedung ini pernah dipugar pada 1707 dan 1710. Bentuk itulah yang sampai sekarang masih bertahan.

Di kalangan masyarakat gedung ini dikenal sebagai Gedung Bicara. Fungsinya adalah sebagai tempat pengadilan, sebagaimana terlihat adanya kamar-kamar tahanan di bagian belakang, depan, dan samping. Konon di sini pernah dilakukan pelaksanaan hukuman gantung.

Pada masa kemudian, gedung ini menjadi Balai Kota atau Stadhuis yang ditempati oleh Gubernur Jendral. Untuk menghormati Fatahillah, yang berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kalapa, maka di depan Museum Sejarah Jakarta dibuatkan taman yang diberi nama Taman Fatahillah. Museum Sejarah Jakarta sendiri sering disebut Museum Fatahillah. Museum Sejarah Jakarta memamerkan berbagai macam koleksi tentang kepurbakalaan dan sejarah Jakarta hingga zaman kemerdekaan.


Alamat
Jalan Taman Fatahillah 1, Jakarta 11110
Telepon +62 21 692-9101



Jam Buka

Selasa - Minggu09.00 - 15.00
Senin & Hari Libur NasionalTutup


Karcis Masuk
DewasaRp 2.000
MahasiswaRp 1.000
Anak-anakRp 600


Koleksi Museum Sejarah Jakarta



Peta Lokasi Museum
Catatan: Museum Sejarah Jakarta = Museum Fatahillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontak

Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):